Kang Asep dan Perahu Karet Balaraja

Menguji perahu karet produk CV Cengkok Jaya Balaraja yang dimotori Kang Asep. PHOTO: FORSAS/UYUS SETIA BHAKTI

KETIKA perahu karet disebut, asosiasi ingatan kita bisa jadi langsung tertuju ke bencana banjir, tim rescue, aktivitas outdoor atau kegiatan di alam bebas seperti arung jeram yang belakangan sangat populer di kalangan profesional muda. Namun tahukah Anda di mana salah satu produsen lokal perahu karet itu?

Penelusuran pun tertuju pada sosok Asep Gana Kusuma, veteran pegiat alam Indonesia yang dilahirkan di Bandung, Jawa Barat, pada 15 Oktober 1963. Sejak 1997 Kang Asep, demikian panggilan akrabnya, memulai kiprah memproduksi perahu karet lokal dengan kualitas yang tidak kalah baik dengan produk internasional.

Di pabriknya yang berlabel CV Cengkok Jaya di Jalan Raya Serang Km 25, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kang Asep menceritakan perjalanan menjadi entrepreneur di bidang produksi perahu karet ini.

’’Saya merintis usaha produksi perahu karet ini pada tahun 1997. Pada waktu itu, saya masih menjadi konsultan aktif di salah satu pabrik perahu karet milik orang Korea. Orang Korea menjadikan saya konsultan karena mereka kebingungan saat melakukan proses pengeleman karena lem sulit merekat pada bahan karet,’’ ujar Kang Asep mengenang.

Selidik punya selidik, demikian Kang Asep menambahkan, ternyata lem sulit melekat akibat perbedaan suhu udara antara negara tempat lem dibuat dan Indonesia. Tantangan itu dijawab Kang Asep dengan berusaha meracik ulang lem tersebut dengan bahan lain hingga mempunyai daya rekat yang sangat tinggi.

’’Mulai saat itulah saya dipercaya sebagai konsultan dalam pabrik perahu karet itu,’’ tuturnya.

Roda bisnis dan jalan nasib seseorang terus berputar. Pabrik perahu karet milik warga Korea itu selanjutnya bangkrut. Merasa mendapatkan pengalaman dan ilmu soal ke-perahu karet-an dari jabatan sebagai konsultan di pabrik orang Korea itu, Kang Asep lantas meneguhkan hati  memulai usaha membuka workshop dibantu beberapa rekan dan pegiat alam.

Perahu karet perdana buatan Kang Asep dkk sukses diproduksi. Sosialisasi dan pemasaran terus dilakukan hingga kini perahu karet buatan Kang Asep dkk merambah ke berbagai pelosok negeri.

’’Meski kapasitas produksinya masih terbatas, namun perahu buatan kami telah menembus pasar nasional. Tentu ini bisa terjadi karena kualitas produk kami mampu bersaing dengan produk-produk internasional,’’ ujar Kang Asep, yang juga aktif dalam produksi acara ’’Bahenol’’ di Komedi TV itu.

Perahu karet dari Balaraja ini juga sering digunakan sebagai perahu andalan pada tiap event kejuaraan nasional (kejurnas) arung jeram yang digelar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan life jacket produksi CV Cengkok Jaya juga pernah digunakan dalam pelatihan Rescue International di Bali beberapa tahun silam.

Pabrik perahu karet Kang Asep juga melayani berbagai jenis permintaan perahu karet dari konsumen, mulai dari banana boat, kayak impetable, lifer boat, roober boat, life jacket, dan lain-lain dengan harga yang relatif murah dibandingkan produk bermerek dari luar negeri.

Untuk perahu jenis lifer boat ukuran 390 cm untuk kapasitas 8 orang, misalnya, Kang Asep mematok harga Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah), sedangkan jenis roober boat dengan kapasitas 5 orang seharga Rp 12.500.000 (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) dan kapasitas 12 orang Rp 22.000.000 (dua puluh dua juta rupiah). Sedangkan untuk life jacket, Kang Asep mematok harga cuma Rp 125.000 (seratus dua puluh lima ribu rupiah).

Bapak empat anak dari seorang istri bernama Siti Nurhasanah itu menuturkan, sejauh ini omset produksi perahu karet CV Cengkok Jaya memang baru berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 200 juta per bulan. Namun, dengan semangat dan tekad yang terus berusaha dinyalakan, Kang Asep yakin usahanya ini akan berkembang karena sejauh ini tidak ada cukup masalah yang berarti dengan bahan baku.

’’Kami berharap pihak pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun daerah, memberikan perhatian terhadap kegiatan usaha yang tengah kami lakukan ini melalui pembinaan dan kemudahan dalam mendapatkan kredit dari pihak perbankan. Semua itu penting untuk peningkatan produksi kami dan membuka lapangan pekerjaan,’’ kata Kang Asep, yang juga menganjurkan para pemimpin bangsa bisa memakmurkan Balaraja karena di Balaraja tersimpan berjuta kisah dan silsilah leluhur bangsa.

Perahu karet buatan Kang Asep dkk menggunakan bahan PVC Woven, sementara asesorisnya masih diimpor dari Korea. Proses produksi dan perakitan menggunakan teknologi mesin press. Padahal, demikian Kang Asep, ’’Produk Korea saja masih menggunakan teknologi hand-made (manual), sementara produk Cengkok Jaya Balaraja sudah menggunakan mesin press.’’

Kang Asep –yang juga dipanggil Abah Talen di lingkungan Ikatan Paranormal Banten itu— juga tidak sungkan membeberkan tips proses pembuatan perahu karet. Menurut dia, pembuatan perahu karet tidak terlalu rumit, namun juga tidak cukup sederhana. Proses pembuatan perahu karet lazim dimulai dengan cutting atau pembuatan pola perahu yang akan di produksi berdasarkan pesanan ataupun stok pabrik.

Setelah itu dilakuan proses pencucian atau pembersihan, yaitu membersihkan minyak dan kotoran pada bahan perahu dengan pembersih (cleaner) khusus. Setelah bersih, dilakukanlah pengeleman dasar dengan dua kali proses pengeleman.

Baru kemudian proses penyambungan, yaitu menyambungkan bahan-bahan yang sudah dilem satu sama lain hingga membentuk pola perahu setengah jadi. Selanjutnya adalah pengepresan untuk lebih merekatkan bahan perahu dengan mesin press dibantu pemanas untuk hasil yang maksimal. Terus dilakukan penggabungan bagian per perahu hingga menjadi bentuk perahu yang utuh. Setelah bentuk utuh perahu didapat, dilakukanlah pembersihan sisa lem yang masih menempel. Perahu karet pun siap dipakai.

Solichin — Laporan Uyus Setia Bhakti (Tangerang)

Tabloid FORSAS Edisi 08/Desember 2009

About these ads

71 Comments

  1. kang asep saya mau minta tolong…
    saya mau buka usaha tas kecillan.dari karet
    tapi saya tidak tau nama bahan perahu karet yang dibuat sama kang asep itu apa namanya dan belinya dimana saya juga tidak tau… mohon infonya boleh kang asep..

  2. Saya sangat bangga pada Kang Asep sebagai warga Tangerang yang kreatif. Insya Allah Kang Asep maju terus mengangkat nama baik pribadi, daerahnya dan akhirnya negara kita Indonesia. Hidup Kang Asep. Allah SWT memberkahi !!!

    Saya berkeinginan berkunjung ke workshopnya Kang Asep, bolehkah saya datang ke sana untuk bersilaturahmi.

    Mohon balasannya segera sejuta bahkan setriliyun serius,
    Salam Sukses,

    Firmansyah Muntako
    Email: bangfm@gmail.com
    atau: fmuntako@jisedu.or.id
    HP: 0813 1510 8470

  3. Assallamualikum kang, tanya dulu ya untuk harga perahu river boat kapasitas 6-8 orang atau LCR berapa ya? trus kalau nambah merk atau logo perusahaan pake karet dipasang pada perahunya berapa?

    Trimakasih kang, Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahaan buat akang sekeluarga, salam ya

  4. assalamu’alaikum wr.wb
    kang asep, saya punya perahu karet belum self bailing..
    kira-kira kang asep bisa buatkan self bailng ga buat perahu saya, dan berapa kira-kira harga self baing..
    perahu saya merek avon tipe scout
    hatur nuhun

    wassalam

  5. Dear Kang Asep
    Saya punya perahu karet sevylor skrg kondisi bocor dan saya mendapat lem PVC merk Zebec beserta bahannya untuk repair tapi sayangnya gak ada instruksi cara pemakaiannya,setelah saya pakai ada yang nempelnya kuat ada yang tidak, mohon jika berkenan kang asep bisa berbagi tips untuk cara memakai lem pvc yang benar.
    Saya juga butuh pelampung/life vest ukuran xl 2 pcs mohon harga dan ongkos krim ke Jogja

    Regards
    Aji

    • oke kang aji..
      lem pvc nya dikasih campuran pengeras les DRFE – namanya… sebelum pengeleman cuci bersih bahan pvc/perahu dari kotoran,minyak dan sisa lem yang ada
      hingga benar2 bersih.
      1. lakukan pengeleman tahap I secara tipis-tipis aja lalu
      tunggu hingga 1-2 menit, lem benar-benar kering.
      2. lakukan pengeleman tahap II, pengerjaan seperti tahap I
      3. pengeleman dilakukan di kedua sisi bahan yang akan
      ditempel
      3. setelah kedua tahap pengeleman dilakukan, baru dilaku-
      kan penempelan pada bahan yg telah ditempel, sambil
      dipanaskan dengan menggunakan pemanas/hair dryar
      (jgn terlalu panas)
      4. setelah bahan dipanaskan, baru dilakukan penekanan
      secara merata dgn penekanan yang baik dan benar.
      5. setelah bahan selesai ditekan, tunggu min. 30 menit
      agar lem yang menempel dibahan bener2 kering, baru
      perahu siap digunakan.
      untuk pelampung harga 135 rb/pc (smua ukuran)

      trims

  6. Selamat malam.
    Mohon informasi untuk perahu karet nya kang ( kapasitas 6 org ).
    Panjang, lebar, berat, diameter tabung, Chamber (bilik) nya.
    Ada dayung, pompa kaki dan tool kit (karet tambal dan lem)nya ?
    Sekarang sdh ber SNI Kang ?

    Terima Kasih

    • rafting kapasitas 6 org, panjang 390 cm, lebar, 190 cm,
      diameter tabung 48 cm, thwart 3 bh, chamber 4 bh, berat
      beban max. 800 kg … harga perahunya aja 14 jt (nego)

      komplit plampung 6, helm standart 6, dayung 6, dry bag
      12 liter, rescue rope (tali lempar 15 mtr), tool kit 1 set,
      carry bag … harga 18.5 jt

  7. mlm,, saya dari ambon,, kami punya kapal memiliki rudder boat kapasitas 8-10 orang dalam keadaan rusak,, kira2 bisa diperbaiki atau tidak kalau di perbaiki berapa biayanya,,,termasuk ongkos kirimnya sekalian,, thanks,,

  8. @alter : kita liat kondisi perahunya..kalo bisa foto perahunya dikirim via email ke ibrahimmuchtar86@yahoo.com (kami tunggu secepatnya)

    @Ferdinant : perahu arung jeram kapsitas 6 orang type 390 hrga 14jt (blm termasuk ongkir)
    dayung lokal Rp. 150 rb/bh yang import Korea 300 rb/bh

    @Soepar : bisa aja beli bahan perahunya, tapi kita gak jual meteran, kita jualnya
    per roll harga 0.9 mm 11,5jt / roll . 0.45mm 9 jt/roll

  9. dear…mas Hendra

    kita juga jual Lem PVC harganya 400rb/kg sudah termasuk campuran pengerasnya…
    harga tsb diluar ongkos kirim luar jakarta, pengirimannya lewat Kantor POS
    info lebih lanjut hub. 081388762338

    thx….

  10. Dear Kang Erdy di Pangandaran…

    punya alamat emailnya gk..???? nanti kita email gambarnya
    kita ada namanya perahu Model Rigid..

    * Bahan Hypallon Archa Prancis 1.2mm
    * Lebar 2.5mtr panjang 10.5 m
    * Dasar perahu/Boat Fibber
    * Kapasitas mesin 150pk
    * Harga 125 jt (nego)

    Terima kasih

  11. Sblmnya met kenal dulu kang asep sy koko dari cilcap sy jd punya ide setelah liat kang asep di youtube dan rencana sy pengin buat hydro bike buat pontoonya klo boleh sy pengin tahu hrganya dulu karena sy baru mau mencoba utuk merintis dan harspan sy dengan low cost namun bisa hight provit nsnti bentuk dan gambar sy kirim dan untuk kenutuhannya ato ukuran sy belum bisa analisa dan sy harus byk belajar dilu dr kang asep klo berkenan dpt dijawab di email sy kokomaning@gmailcom trimaksih salam kenal dr sy

  12. Kang Asep, salam kenal !

    Kasih kita tip dong, kang …
    Kalau bahan PVC agak tebal pada tekukan sudut yang tajam (hampir 1/2 lingkaran)…. supaya tidak keriput material PVC nya saat di lem bagaimana caranya? Ada harus di hotgun (dipanas) ?
    Hatur nuhun kang ….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s