Kiper Debutan Cetak Gol dari Kotak Gawangnya (+VIDEO)

GREAT GOAL: David Bingham (1) mendapatkan pelukan selamat dari rekan setim, Jason Hernandez, usai mencetak gol dari kotak gawangnya ke gawang West Bromwich Albion. PHOTO: AP-BEN MARGOT

LAZIMNYA kiper dibayar dengan tugas utama menjaga gawangnya agar lawan tidak bisa mencetak gol. Namun, David Bingham, kiper baru San Jose Earthquakes –klub anggota Major League Soccer (MLS, Liga Sepak Bola Utama AS), melakukan lebih dari itu. Selain menangkal bola tendangan lawan, ia juga mencetak gol.

Kiper mencetak gol memang bukan hal baru. Banyak kiper sebelumnya juga mampu melakukannya, baik melalui tendangan langsung on play maupun lazim dari bola-bola mati, termasuk dari titik penalti. Pada era jayanya, mantan Kiper Meksiko Jorge Campos, Rene Higuita dari Kolombia, Jose Luis Chilavert asal Paraguay, serta kiper-kiper lain di liga domestik mampu melakukannya.

Namun, Bingham berbeda dari semuanya. Gol ke gawang klub anggota Premier League Inggris, West Bromwich Albion (WBA), dalam laga persahabatan di Buck Shaw Stadium, Santa Clara, California, Selasa (12/7) petang waktu setempat itu justru diukir kiper berusia 21 tahun tersebut pada debut profesionalnya untuk Earthquakes. Langsung main, langsung cetak gol.

Gol pada menit ke-3 tersebut (VIDEO GOL BINGHAM) juga membuka kemenangan klubnya 2-1 atas West Brom. Sebiji gol lagi untuk Earthquakes diukir Khari Stephenson menit ke-45. West Brom memperkecil selisih skor lewat Jerome Thomas menit ke-53.

Bingham adalah kiper lulusan University of California. Ia juga pernah masuk tim All-American yang menaungi pesepak bola terbaik dari seluruh universitas di AS. Ia membela Earthquakes melalui MLS SuperDraft pada Januari lalu.

Saat serangan West Brom ke gawangnya gagal, ia membawa bola ke ujung petak terlarangnya, meletakkan bola itu dan menendangnya jauh ke depan. Bola terpental dulu, lalu melambung melintasi kepala Kiper West Brom Boaz Myhill, terpental lagi tipis, dan masuk ke gawang yang melompong.

Setelah menendang bola, Bingham membalikkan badan dan berjalan menuju bawah mistar gawangnya. Ia baru tahu bola tendangannya berbuah gol setelah penonton di tribun bersorak riuh rendah. Bingham membalikkan badan lagi dan langsung diberi ucapan selamat rekan-rekan setim.

Menurut situs MLS, Myhill tidak bisa menatap jelas bola melambung ke arahnya karena tatapannya tertimpa sinar matahari yang hendak terbenam. Ia tidak memakai topi dan silau. Apa pun penyebabnya, itu tidak menganulir keabsahan gol Bingham.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s