PIALA DUNIA U-20: Meretas Juara dan Bintang Masa Depan (Jadwal Perempat Final dst, Top Scorer)

KEJUARAAN Piala Dunia U-20 2011 (FIFA U-20 World Cup) di Kolombia segera memasuki fase-fase akhir menentukan. Setelah merampungkan penyisihan grup dan penerapan pertama sistem knock-out di babak 16 besar, kini segera mengarungi babak perempat final. Delapan tim berisi talenta-talenta muda dari berbagai belahan dunia berlomba menunjukkan kebolehan menjadi yang terbaik di planet bumi.

Sayang sekali, tidak satu pun wakil Asia tersisa. Arab Saudi dan Korea Selatan yang cukup mengesankan pada fase grup tumbang pada babak 16 besar. Delapan tim tersisa didominasi oleh tim-tim Eropa (SPANYOL, PORTUGAL, PRANCIS); Amerika Latin (ARGENTINA, BRASIL, KOLOMBIA); serta masing-masing satu tim Amerika Tengah, Utara, dan Karibia (MEKSIKO) dan Afrika (NIGERIA) – Jadwal pertandingan perempat final dst di bagian akhir tulisan ini.

Dari Eropa, Spanyol ke perempat final dengan mengandaskan Korsel 7-6 melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain tanpa gol selama 90 menit plus perpanjangan waktu. Portugal mengalahkan Guatemala dan Prancis menekuk Ekuador, masing-masing dengan skor 1-0.

Dari Amerika Latin, Brasil ke perempat final usai menang 3-0 atas Arab Saudi, Argentina melibas Mesir 2-1, dan tuan rumah Kolombia mengakhiri perlawanan Kosta Rika 3-2. Lantas, Meksiko menang adu penalti 3-0 atas Kamerun usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal plus perpanjangan, dan raksasa Afrika yang tersisa, Nigeria, memungkasi Inggris 1-0.

Dari perhelatan hingga babak 16 besar tersebut, persaingan perebutan predikat pencetak gol terbanyak (top scorer) masih sengit berlangsung mengingat mayoritas pemilik status itu timnya lolos ke perempat final. Torehan tertinggi (4 gol) saat ini ditempati Alvaro Vazquez (Spanyol) dan Luis Muriel (Kolombia).

Philippe Coutinho (Brasil). AFP-GETTY-LUIS ACOSTA

Mereka ditempel ketat para pengoleksi 3 gol seperti James Rodriquez (Kolombia); Ahmed Musa, Olarenwaju Kayode, Edafe Egbedi (Nigeria), Henrique, Philippe Coutinho (Brasil); serta Eric Lamela (Argentina). John Ruiz (Kosta Rika) dan Mohamed Ibrahim (Mesir) sebenarnya juga mengoleksi 3 gol, namun kans menambah pundi-pundi golnya sirna seturut tumbangnya tim mereka di babak 16 besar.

Memasuki perempat final yang dihelat Sabtu dan Minggu waktu setempat atau Minggu (14/8) dan Senin (15/8) dini hari hingga pagi WIB, tuan rumah Kolombia menjadi kuda hitam selain tiga unggulan, yaitu Spanyol, Brasil, dan Nigeria. Keempatnya merupakan tim dalam deretan paling produktif menambang gol pada kejuaraan dunia kali ini. Namun, Brasil dan Spanyol sudah harus ”saling membunuh” di perempat final ini.

Eric Lamela (Argentina). AP-FERNANDO LLANO

Di sisi lain, terpompa motivasi seniornya yang belum lama ini menjuarai Gold Cup (Piala Emas) dan yuniornya sebagai juara Piala Dunia U-17 di negara sendiri bulan lalu, Meksiko bisa menjadi ancaman serius. Begitu pula Argentina, Portugal, serta Prancis kian trengginas pada dua laga terakhirnya.

Di Piala Dunia U-20, sejumlah nama juga mulai, beberapa semakin, menunjukkan sinar terangnya sebagai bintang masa depan. Selain masuk deretan top scorer sebagai calon penerima penghargaan ‘’Sepatu Emas’’, beberapa nama di daftar itu juga berpotensi meraih predikat Pemain Terbaik penerima award ‘’Bola Emas’’.

Selain Coutinho (Inter Milan), Brasil juga memiliki Oscar (Internacional). Selain sang top scorer Alvaro Vazquez (Espanyol), Spanyol juga sangat terdongkrak oleh performa Sergio Canales (Real Madrid, tetapi baru beberapa hari lalu diumumkan bahwa musim depan ia dipinjamkan ke Valencia).

Pemegang rekor Piala Dunia U-20 (sebanyak enam kali) Argentina memiliki Eric Lamela (gelandang bertahan yang membela AS Roma) dan Kiper Esteban Andrada (dipastikan segera bergabung ke raksasa Spanyol, Barcelona, dari klubnya, Lanus, setelah kejuaraan dunia ini berakhir).

Tuan rumah Kolombia mengandalkan peraih predikat joint top scorer Luis Muriel. Striker berusia 20 tahun ini tahun lalu hijrah ke Udinese di Italia. Bintang lain yang semakin terang di kejuaraan ini namun timnya telah tersisih adalah Joel Campbell (Kosta Rika).

Aksi Campbell dan timnya terhenti di babak 16 besar oleh tuan rumah Kosta Rika. Striker klub Saprissa yang tampil cukup gemilang di Copa America 2011 sebelum Piala Dunia U-20 ini dikabarkan mendekati deal untuk kepindahannya ke klub anggota Premier League Inggris, Arsenal.

Sergio Canales (Spanyol). AP-DOLORES OCHOA

JADWAL PEREMPAT FINAL (WIB)

Minggu, 14 Agustus 2011

05.00 WIB: Portugal 0-0 (5-4, adu penalti) Argentina – Cartagena (W46)

08.00 WIB: Meksiko 3-1  Kolombia – Bogota (W45)

Senin, 15 Agustus 2011

03.00 WIB: Prancis 1-1 (3-2, perpanjangan waktu)  Nigeria – Cali (W48)

06.00 WIB: Brasil 1-1 (4-2, adu penalti) Spanyol – Pereira (W47)

SEMIFINAL

Kamis, 18 Agustus 2011

05.00 WIB: Prancis 0-2 Portugal – Medellin (W50)

08.00 WIB: Brasil 2-0 Meksiko – Pereira (W49)

PEREBUTAN TEMPAT KETIGA

Minggu, 21 Agustus 2011

05.00 WIB: Meksiko 3-1 Prancis – Bogota

FINAL

Minggu, 21 Agustus 2011

08.00 WIB: Brasil 1-1, 2-2 (3-2,perpanjangan waktu) Portugal – Bogota


About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s