Cristiano Ronaldo (Portugal). PHOTO: EPA

Portugal vs Argentina atau Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi? Terserah Anda. Begitu besar magnet yang dijanjikan duel dua raksasa sepak bola di jagat ini, Kamis (10/2) dini hari WIB, tidak kurang 85 negara di dunia bakal menonton tayangan langsungnya (live) di televisi.

Ada faktor-faktor yang membuat laga persahabatan Portugal vs Argentina di tempat netral, Stade de Geneve Swiss, nanti begitu bermakna untuk fans sepak bola di dunia. Pertama, tentu saja persaingan Messi (Barcelona) serta Ronaldo (Real Madrid). Kedua bintang bersaing mempersembahkan trofi juara La Liga Spanyol musim ini. Sebelum kickoff nanti, kedua bintang sama-sama di puncak daftar top scorer La Liga dengan 24 gol.

Keduanya berperforma puncak pula pada laga terakhirnya, baik di klub dan timnas. Akhir pekan lalu Ronaldo mencetak dua gol dari kemenangan 4-1 atas Real Sociedad pada pekan ke-22 La Liga dan Messi mengukir total dari tiga gol (hat-trick) kemenangan Barcelona atas Atletico Madrid. Jika keduanya fit hingga akhir musim, bukan mustahil rekor di La Liga 33 gol semusim yang diukir Telmo Zarra dan Hugo Sanchez bakal terlampaui.

Di timnas, pada 17 November 2010, Ronaldo mencetak dua gol Portugal dari kemenangan 4-0 saat menjamu juara dunia, Spanyol, pada laga persabatan internasional. Tanggal yang sama serta juga berlabel friendly match di Doha, Qatar, Messi menjadi penentu kemenangan Argentina 1-0 atas rival klasiknya.

Menilik perbandingan personal record termutakhir tersebut, Ronaldo dan Messi bisa dibilang sama. Namun Messi adalah Pemain Terbaik Dunia FIFA dua kali beruntun (2009 dan 2010), sedangkan Ronaldo meraih predikat itu baru sekali, yakni tahun 2008.

Namun bila menelisik rekor kedua bintang berjibaku di lapangan dengan bendera klub masing-masing, jelas Messi lebih unggul. Di pentas La Liga musim ini, pada pertemuan pertama di Camp Nou, November lalu, Ronaldo dkk takluk telak 0-5 pada Messi dkk di Barcelona. Musim lalu Messi dkk berhasil membawa Barcelona sebagai juara La Liga, sedangkan pada musim pertamanya di Spanyol itu tidak satu pun gelar diberikan Ronaldo untuk Real Madrid.

Messi –berusia tiga tahun lebih muda dibandingkan Ronaldo yang bakal berultah ke-26 pada Sabtu (12/2)— juga pernah berhadapan di Liga Champions Eropa. Saat masih bersama Manchester United (MU), Ronaldo dkk mengalahkan Messi dkk di Barcelona pada semifinal musim 2007-2008 yang akhirnya menahbiskan MU sebagai juara usai mengalahkan Chelsea di final. Musim itu pula, Ronaldo mencetak 42 gol yang selanjutnya menobatkannya sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Sebagai runner-up Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun itu, Messi pun membalas setahun kemudian. Pada musim terakhirnya bersama MU, Ronaldo dkk berjumpa Barca di final Liga Champions. Giliran Messi mencetak gol dan membawa Barcelona juara. Messi Pemain Terbaik Dunia FIFA 2009 dan tahun lalu dipertahankannya.

Lionel Messi (Argentina). PHOTO: AFP

Kedua, pertandingan persahabatan di Swiss nanti sangat menarik karena hikayat kedua tim nasional (timnas) yang sudah begitu lama tidak berhadapan di lapangan. Inilah pertemuan pertama kedua timnas sejak Juni 1972 ketika Eusebio dkk mengalahkan tuan rumah timnas Samba 3-1 dalam turnamen memperingati 150 Tahun Kemerdekaan Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Maka duel di Stade de Geneve, Swiss, nanti merupakan pertemuan pertama kedua timnas dalam kurun 39 tahun terakhir. Kedua timnas bisa saja bertemu di semifinal Piala Dunia 2010 di Durban, Afrika Selatan, seandainya Portugal tidak kalah dari Spanyol dan Argentina tidak ditekuk Jerman pada putaran kedua (babak 16 besar).

Jadi Messi atau Ronaldo yang kira-kira bakal bersinar?

Pelatih timnas Portugal Paulo Bento tidak melihat adanya persaingan antara Ronaldo dan Messi pada laga persahabatan ini. Yang ada hanya timnas Portugal yang dibesutnya sejak September lalu menggantikan Carlos Quieroz melawan Argentina yang kini diarsiteki Sergio Batista yang menggantikan Diego Maradona usai Piala Dunia 2010.

‘’Saya kira ini bukan lagi persaingan pribadi. Saya juga yakin Ronaldo atau Messi mungkin berpikiran begitu,’’ kata Bento.

Kepada FIFA.com, Messi juga tidak melihat pertandingan di Swiss ini sebagai ajang persaingan pribadi melawan Ronaldo. ‘’Ini bukan soal melawan Ronaldo. Kedua tim bakal menyuguhkan permainan menarik yang sangat bisa dinikmati fans,’’ ujarnya.

Bento mengakui, melawan Argentina butuh pikiran ekstra. Bukan saja demi menjaga rekornya agar tetap tidak terkalahkan sejak memoles timnas, tetapi juga butuh taktik dan strategi khusus yang sangat berbeda dari ramuan sukses mengalahkan Spanyol 4-0, November lalu.

Jika ada kendala di kubu Portugal menyongsong laga nanti, tidak lain absennya bek Ricardo Carvalho (Real Madrid) karena cedera otot paha kiri. Sebagai gantinya, Bento memanggil defender Valencia, Ricardo Costa. Di kubu Argentina, Sergio Batista jelas tidak bisa memasang striker Diego Milito (Inter Milan) akibat hamstring yang didapat saat laga Serie A melawan AS Roma akhir pekan kemarin.

PERKIRAAN PEMAIN

PORTUGAL (4-3-1-2) – PERINGKAT 8 FIFA: Eduardo; Bruno Alves, Joao Pereira, Ricardo Costa, Jose Bosingwa; Raul Meireles, Joao Moutinho, Carlos Martins; Cristiano Ronaldo; Nani, Helder Postiga.

ARGENTINA (4-3-3)—PERINGKAT 5 FIFA: Sergio Romero; Javier Zanetti, Nicolas Burdisso, Gabriel Milito, Marcos Rojo; Ever Banega, Javier Mascherano, Esteban Cambiasso; Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi, Angel Di Maria