Javier ''Chicharito'' Hernandez (Meksiko)

HIRUK-PIKUK kompetisi liga sepak bola Eropa telah berakhir, namun bukan berarti pentas sepak bola global sepi. Berbagai turnamen antarnegara berlangsung pada jeda musim 2010-2011 menuju season 2011-2012. Timnas negara-negara Eropa melakoni Kualifikasi Euro 2012 dan bulan depan turnamen Copa America berlangsung di Amerika Selatan (Zona Conmebol).

Lalu, dalam tiga pekan ke depan mulai 5 Juni (6 Juni WIB) hingga 25 Juni (26 Juni WIB) 2011, sebanyak 12 tim nasional di Zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) bertempur dalam turnamen resmi Gold Cup (Piala Emas) di 13 kota Amerika Serikat.

Ke-12 timnas dibagi dalam tiga grup. Masing-masing grup terdiri atas empat klub yang saling berhadapan (round robin). Juara dan runner-up pada klasemen akhir penyisihan grup plus dua  penghuni peringkat ketiga terbaik lolos ke perempat final yang mulai memberlakukan fase knock-out.

Bagaimana peluang kontestan Piala Emas 2011 ini? Berikut preview dan ulasan singkat serta prediksi masing-masing grup:

GRUP A (Meksiko, Kosta Rika, El Salvador, Kuba)

Sebagai juara bertahan dan disokong kombinasi para pemain senior dan muda berkarakter yang pernah dan masih mengais rezeki di liga-liga Eropa, Meksiko merupakan favorit juara turnamen ini bersama timnas AS. Mereka memiliki kemampuan merata di segala lini serta ngotot dalam menjaga keunggulan ball possession.

Pembuktian itu telah dimulai di Cowboys Stadium, Dallas, Minggu malam (5/6) atau Senin (6/6) pagi WIB. Meksiko menggelontor El Salvador 5-0. Dari total gol kemenangan ini, Javier ‘’Chicharito’’ Hernandez –yang menorehkan 20 gol dari 45 laga pada debutnya bersama Manchester United musim lalu— mengukir hat-trick setelah El Tricolor unggul dua gol lewat Efrain Juarez (menit 55) dan Jesus De Nigris (58). Heading Chicharito menit ke-60 membuka hat-trick itu, disusul menit ke-68 masih lewat kerja sama apik dengan pemberi assist untuk gol pertama, Andres Guardado, serta melalui titik penalti di menit-menit akhir.

Dengan hat-trick ini, Chicharito yang menjadi buah bibir sebelum turnamen dimulai kini semakin ngetop dan diburu media. Luar biasa, hanya dari 24 kali membela timnas, striker Setan Merah berusia 23 tahun itu telah mengemas 17 gol.

Di Grup A ini pula, Kosta Rika dinilai yang paling layak mendampingi Meksiko ke perempat final. Prediksi itu tidak keliru mengingat pada laga sebelumnya, mereka juga membabat Kuba 5-0. Seperti Meksiko, Kosta Rika juga mengandalkan kombinasi pemain veteran dan muda. Tim berjuluk Los Ticos ini memiliki keunggulan menyerang dari kedua sayap dan mengandalkan kecepatan sprint para strikernya, seperti Bryan Ruiz yang kini memperkuat Twente di Eredivisie Belanda.

Prediksi lolos ke perempat final: Meksiko & Kosta Rika

GRUP B (Honduras, Guatemala, Jamaika, Grenada)

Honduras merupakan favorit memuncaki grup ini. Timnas ini masih didominasi para pemain yang tahun lalu beraksi di Piala Dunia Afsel, seperti Wilson Palacios (Tottenham Hotspur) serta Hendry Thomas dan Maynor Figueroa (Wigan Athletic). Yang mengagetkan, pemain muda berbakat di MLS (Major League Soccer) AS, Andy Najar, tidak dipanggil masuk skuad.

Para analis sepak bola di Concacaf menilai, apabila ada sisi lemah di timnas Honduras, tidak lain adalah di pertahanan. Ada kecenderungan para pemain belakang selalu ikut menyerang. Jika mereka tidak cukup cepat kembali ke posisinya, bukan mustahil counter attacks lawan bakal memangsanya.

Di grup ini, perebutan tempat kedua bakal sengit melibatkan The Reggae Boys Jamaika dan Guatemala. Jamaika memiliki bintang yang bisa jadi akan bersinar di turnamen ini, yaitu pemain sayap Dane Richards yang kini membela klub New York Red Bulls. Sedangkan Guatemala lebih mengandalkan para pemain gaek dengan masih bertumpu pada Carlos Ruiz sebagai penambang gol.

Prediksi lolos ke perempat final: Honduras, Jamaika, Guatemala

GRUP C (Amerika Serikat, Kanada, Panama, Guadeloupe)

Tuan rumah Amerika Serikat (AS), yang juga empat kali juara Piala Emas ini, diyakini akan memuncaki grup ini sekaligus sebagai pesaing utama Meksiko merebut podium juara. Pelatih AS Bob Bradley cukup lega seturut kembalinya Oguchi Onyewu untuk memperkuat lini belakang. Sedangkan lini-lini lain masih diisi pemain kenyang pengalaman di ajang-ajang internasional, termasuk di Piala Dunia tahun lalu, seperti Landon Donovan, Jozy Altidore, Clint Dempsey, Michael Bradley, dan lain-lain.

Jika ada pesaing cukup ketat di grup ini, maka itu adalah Kanada yang dipoles Stephen Hart dengan mengandalkan Simeon Jackson, Dwayne de Rosario, serta Atiba Hutchinson sebagai penggedor di lini depan. Namun, kiper tampaknya merupakan masalah klasik yang masih harus dijawab Kanada di turnamen ini.

Meski demikian, Kanada tidak boleh lengah mengingat Panama bisa saja menjadi ancaman merebut tempat kedua. Kini bertengger di peringkat ke-67 FIFA, beberapa tahun terakhir sepak bola Panama menunjukkan perkembangan sangat pesat. Tonggak itu dimulai pada Piala Emas 2005 ketika, di luar dugaan, Panama di Amerika Tengah itu melaju hingga ke final dan dua perhelatan berikutnya terhenti di perempat final.

Dimotori pemain depan Luis Tejada, Panama dikenal memiliki counter attacks cepat yang membahayakan. Tim ini juga dikenal memiliki para pemain yang piawai mencetak gol dari umpan bola-bola mati.

Meskipun pada penyisihan grup di Piala Emas 2007 Guadeloupe bisa mengalahkan Kanada, tampaknya mengulang sukses itu kini sulit. Justru Guadeloupe dikenal sebagai satu-satunya kontestan di Piala Emas 2011 ini yang memiliki kecenderungan bertahan total, tanpa nafsu menyerang.

Prediksi lolos ke perempat final: Amerika Serikat, Kanada, Panama

JADWAL PERTANDINGAN (WAKTU SETEMPAT)

Minggu, 5 Juni 2011: Kosta Rika 5-0 Kuba, Meksiko 5-0 El Salvador

Senin, 6 Juni 2011: Jamaika vs Grenada, Honduras vs Guatemala

Selasa, 7 Juni 2011: Panama vs Guadeloupe, AS vs Kanada

Kamis, 9 Juni 2011: Kosta Rika vs El Salvador, Kuba vs Meksiko

Jumat, 10 Juni 2011: Jamaika vs Guatemala, Grenada vs Honduras

Sabtu, 11 Juni 2011: Kanada vs Guadeloupe, AS vs Panama

Minggu, 12 Juni 2011: El Salvador vs Kuba, Meksiko vs Kosta Rika

Senin, 13 Juni 2011: Guatemala vs Grenada, Honduras vs Jamaika

Selasa, 14 Juni 2011: Kanada vs Panama, Guadeloupe vs AS

Perempat Final: 18-19 Juni

Semifinal: 22 Juni

Final: 25 Juni