BRILIAN: Kepiawaian Radamel Falcao (kiri) dengan dua golnya ke gawang Bolivia andil memastikan tiket lolos Kolombia dari Grup A Copa America 2011. Falcao dikuntit bek Bolivia Ronald Raldes pada laga terakhir Grup A di Santa Fe, Senin (11/7) dini hari WIB. PHOTO: AFP-GETTY IMAGES

BOLIVIA tampil mengesankan dengan menahan tuan rumah Argentina 1-1 pada laga pembukaan Copa America pada 2 Juli 2011 (WIB) lalu. Namun, kini mereka harus menerima nasib sebagai tim pertama yang tersingkir dari turnamen tersebut setelah dibekap 0-2 oleh Kolombia pada laga terakhir Grup A di Estadio Cementerio de Elefantes, Santa Fe, Senin (11/7) dini hari WIB.

Dua gol striker Radamel Falcao Garcia andil memulangkan Bolivia dan memastikan Kolombia sebagai tim pertama yang melangkah ke perempat final dari Grup A dengan poin 7 dari dua kali kemenangan (atas Kosta Rika dan Bolivia) serta sekali seri melawan Argentina. Di perempat final, Kolombia menghadapi salah satu dari dua tim yang lolos dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

Falcao mencetak gol pertamanya pada menit ke-15, disusul gol kedua dari titik penalti menit ke-29 menyusul pelanggaran terhadap Pablo Armero di petak terlarang Bolivia.

Kemenangan Kolombia ini juga andil memastikan Peru dan Cile (Grup C) serta Venezuela (Grup B), masing-masing dengan 4 poin, melangkah ke perempat final. Bahkan, misalnya tanpa bermain pada laga terakhir di grup masing-masing, mereka telah otomatis lolos. Jika kalah pada laga terakhirnya, setidaknya mereka tetap lolos dengan status peringkat ketiga terbaik.

Di sisi lain, sukses Kolombia semakin memberi tekanan kepada dua raksasa Amerika Latin yang tampil kurang mengesankan pada dua laga perdananya –Argentina dan Brasil— agar menang pada laga terakhirnya jika ingin lolos ke perempat final. Keduanya kini mengemas 2 poin. Argentina melawan Kosta Rika pada Selasa (12/7) pagi WIB dan Brasil meladeni Ekuador pada Kamis (14/7).

Sepanjang turnamen Copa America kali ini, Kolombia menjadi tim kedua yang mampu mengemas surplus dua gol pada satu pertandingan. Tim pertama yang menorehkannya adalah Kosta Rika, juga ke gawang Bolivia, pada laga kedua Grup A lalu. Turnamen kali ini memang benar-benar pelit gol. Sejauh ini belum ada tim yang mampu mencetak lebih dari dua gol ke gawang lawan dan surplusnya tidak pernah melampaui dua gol.

Kontribusi dua gol ke gawang Bolivia juga menempatkan Falcao sebagai top scorer sementara. Namun, Falcao tampak tidak mau ambil pusing dengan status sebagai penambang terproduktif untuk sementara waktu.

‘’Tidak masalah siapa yang mencetak gol. Yang kami inginkan adalah membangun sebuah tim: membangun identitas dan semakin kuat,’’ ujar striker FC Porto (Portugal) ini, seperti dirilis The Associated Press.

Pelatih Kolombia tidak kalah girang dengan sukses ini dan memuji kepiawaian Falcao. Namun, ia tidak mau diboyong ke awan dengan pujian bahwa timnya –bersama Cile— masih tercatat sebagai yang terbaik di Copa America 2011. Kolombia efektif memanfaatkan kecepatan para pemainnya dengan umpan-umpan presisi. Bersama Cile pula, sejauh ini kedua tim belum pernah kebobolan yang menunjukkan kesolidan lini belakangnya.

Sukses Kolombia juga tidak lepas dari suntikan semangat Presiden Juan Manuel Santos. Sebelum pertandingan melawan Bolivia, Presiden Santos nge-tweet untuk memberi semangat timnasnya. ‘’Bangkitlah di laga ini. Kita akan menang,’’ tulis Santos. Terbukti, Kolombia pun menang.

DATA PERTANDINGAN GRUP A

Senin, 11 Juli 2011

Kolombia 2-0 Bolivia (Estadio Cementerio de Elefantes, Santa Fe)

Pencetak Gol: Radamel Falcao Garcia-Kolombia (15′, 29′)

KOLOMBIA: Luis Martinez, Camilo Zuniga, Luis Perea, Mario Yepes, Pablo Armero, Carlos Sanchez, Dayro Moreno (Hugo Rodallega, 45), Abel Aguilar, Freddy Guarin (Juan Cuadrado, 50), Adrian Ramos (Elkin Soto, 77), Radamel Falcao.

BOLIVIA: Carlos Alvarez, Lorgio Alvarez, Ronald Raldes, Santos Amador, Christian Vargas, Ronald Garcia, Jaime Robles, Jhasmani Campos, Edivaldo Rojas (Joselito Vaca, 45), Juan Carlos Arce (Ricardo Pedriel, 70), Marcelo Moreno (Alcides Pena, 60).

———————————–

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

  1. Kolombia                  3          2          1          0          3-0                  7
  2. Kosta Rika                 2          1          0          1          2-1                  3
  3. Argentina                  2          0          2          0          1-1                  2
  4. Bolivia                       3          0          1          2          1-5                  1

PERTANDINGAN BERIKUTNYA DI GRUP A

Selasa, 12 Juli 2011

07.45 WIB: Argentina vs Kosta Rika – Cordoba

LAGA PEREMPAT FINAL KOLOMBIA

Minggu, 17 Juli 2011

02.00 WIB: Kolombia vs Peringkat 3 Terbaik 1 – Cordoba