CHAMPIONS: Skuad Meksiko berpesta menjuarai FIFA World Cup U-17 usai mengalahkan Uruguay 2-0 pada laga final di Stadion Azteca, Mexico City, Senin (11/7) pagi WIB. PHOTO: AFP-GETTY IMAGES

DUA bulan terakhir sepak bola Meksiko benar-benar kebanjiran berkah. Setelah bulan lalu timnas seniornya menjuarai Piala Emas (Gold Cup) CONCACAF,  disusul lonjakan fantastis menuju peringkat ke-9 dunia dalam ranking terbaru FIFA, Senin (11/7) pagi WIB para bintang mudanya sukses mewujudkan prediksi favorit juara sekaligus harapan tuan rumah.

Di Stadion Azteca, Mexico City, yang didominasi suporter tuan rumah dalam banjir warna hijau, putih, dan merah, Antonio Briseno dkk mengangkat trofi juara setelah menaklukkan perlawanan Uruguay 2-0 di partai final. Briseno andil membuka gol pada menit ke-31 yang digandakan Giovani Casillas pada injury time babak kedua (90+2’).

Gelar ini merupakan yang kedua diraih Meksiko sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia U-17. Gelar pertama diraih pada 2005 saat putaran final dilangsungkan di Peru. Dengan sukses ini pula, Meksiko berusaha mengejar rekor juara yang masih dipegang oleh Nigeria (4 kali) dan Brasil (3 kali).

Sebelum kejuaraan ini dimulai pada 18 Juni lalu waktu setempat, tuan rumah memang difavoritkan menjadi juara bersama Brasil. Bola bergulir, prediksi unggulan itu makin kuat setelah Meksiko selalu menang dalam enam laga sebelum mencapai final. Langkah Brasil diganjal Uruguay di semifinal dan Meksiko memungkasi perjalanan fantastis Jerman. Pada perebutan tempat ketiga, Senin dini hari, Jerman mengandaskan Brasil 4-3.

Selain meraih gelar juara, Meksiko juga memborong penghargaan Pemain Terbaik (Adidas Golden Ball) melalui Julio Gomez yang tampil heroik di semifinal meskipun kepalanya dibebat karena luka dan tetap konsisten pada laga final saat diturunkan sebagai pemain pengganti masih dengan kepala terbalut. Gomez menyisihkan dua rekan setimnya, Jorge Espericueta dan Carlos Fierro.

Sedangkan bintang-bintang muda masa depan lainnya yang berhak pula atas penghargaan adalah Souleymane Coulibay (Pantai Gading) sebagai Pencetak Gol Terbanyak (Adidas Golden Boot) dengan 9 gol, mengungguli Samed Yesil (Jerman) dengan 6 gol dan Adryan (Brasil) dengan 5 gol. Kiper Terbaik (Adidas Golden Glove) diberikan kepada Jonathan Cubero (Uruguay). Sementara FIFA Fair Play Award dianugerahkan kepada timnas U-17 Jepang.