(UPDATE) : COPA America 2011 telah menempatkan sepasang semifinalis, Uruguay vs Peru (sama-sama dari Grup C pada babak penyisihan grup), yang akan berlaga memperebutkan satu tiket ke final pada Rabu, 20 Juli, mulai pukul 07.45 WIB di La Plata. Sepasang lainnya akan ditentukan oleh dua laga perempat final yang mempertemukan Brasil vs Paraguay, lantas Cile vs Venezuela. Pemenang dari dua pertandingan ini bertemu di semifinal pada Kamis, 21 Juli, pukul 07.45 WIB di Mendoza.

SENIN, 18 JULI 2011

02.00 WIB: BRASIL vs PARAGUAY (LA PLATA)

Hingga beberapa jam sebelum pertandingan, bursa global masih menempatkan Brasil sebagai pemenang. Mereka tidak cukup terpaku pada hasil pertemuan pertama kedua tim di penyisihan Grup B Copa America kali ini pada 10 Juli lalu yang berakhir seri. Padahal pada laga tersebut Paraguay sudah di ambang menang dengan skor 2-1 hingga menit ke-89 saat Fred yang turun sebagai pengganti menyamakan skor 2-2.

Paraguay lagi-lagi apes di laga terakhir grup ketika memimpin 3-1 hingga tiga menit jelang bubar, namun lagi-lagi bisa disamakan menjadi 3-3 oleh para pemain Venezuela. Seharusnya Paraguay tidak ke perempat final dengan status penghuni peringkat tiga terbaik dan harus jumpa lagi Brasil yang tampil sebagai juara Grup B. Namun, bola di lapangan telah menemukan rumusnya sendiri.

NEYMAR-GANSO: Duo asal klub Santos, Brasil, ini dinilai Paraguay sebagai ancaman serius. PHOTO: AP

Oleh karena itu, yang menjadi pertimbangan utama Pelatih Paraguay Gerardo Martino pada duel ulangan ini adalah determinasi dan konsentrasi pemainnya hingga detik-detik akhir. Martino masih menunggu hingga menit-menit akhir sebelum memasukkan Roque Santa Cruz yang cedera pada laga terakhir lawan Venezuela ke dalam lineup. Perkembangan terkini mengatakan Santa Cruz justru siap diturunkan meski tidak akan bisa penuh 90 menit. Selebihnya tidak ada masalah berarti. Lucas Barrios yang juga dicemaskan akibat cedera kemungkinan besar masih bisa diturunkan.

Di sisi lain, Brasil tampaknya tidak akan beranjak dari formasi the winning team  ketika menganvaskan Ekuador pada laga terakhir Grup B yang andil besar membawanya sebagai pemuncak klasemen akhir. Meskipun pada laga 10 Juli lalu Fred tampil sebagai penyelamat, ia kemungkinan masih menghuni bangku cadangan. Pelatih Mano Menezes masih lebih percaya kepada Neymar sebagai starter. Apalagi Neymar telah menunjukkan ketajamannya dengan mencetak dua gol bersama tandemnya, Pato, saat menang 4-2 atas Ekuador.

Tak ada pula Daniel Alves karena Menezes telah begitu terkesan dengan performa Maicon. Di lini belakang, kondisi Thiago Silva juga masih meragukan sehingga kemungkinan diisi oleh David Luiz sebagai starter. Sedangkan Robinho kemungkinan besar akan mendapatkan lagi posisinya

Belajar dari pertemuan pada 10 Juli lalu plus menyaksikan performa Brasil saat lawan Ekuador, Martino meyakini kunci sukses Brasil ada pada diri dua bintang muda asal Santos: Ganso dan Neymar. Jika kedua pemain itu bisa dihambat manuvernya, Martino yakin timnya akan mampu mengatasi Brasil.

Perkiraan Pemain

BRASIL: 1- Julio Cesar; 13-Douglas Maicon, 3- Lucio, 23-David Luiz, 6- Andre Santos; 5-Lucas Leiva, 8- Ramires; 7-Robinho, 10- Paulo Henrique Ganso, 11- Neymar; 9- Alexandre Pato. Pelatih: Mano Menezes.

PARAGUAY: 1- Justo Villar; 3-Ivan Piris, 14-Paulo Da Silva, 2- Dario Veron, 17-Aureliano Torres; 8-Edgar Barreto, 20-Nestor Ortigoza, 16-Cristian Riveros, 21-Marcelo Estigarribia; 9- Roque Santa Cruz, 19- Lucas Barrios. Pelatih: Gerardo Martino.

————————–

05.15 WIB: CILE vs VENEZUELA (SAN JUAN)

Pertandingan ini menarik karena ada faktor ‘’Venezuela’’, tim yang selama ini dinilai paling lemah di Amerika Latin. Namun, pada Copa America 2011, Venezuela melangkah hingga perempat final dan bisa menjadi ancaman serius para pemain Cile yang dibesut Claudio Borghi apabila mereka menganggapnya enteng.

HUMBERTO SUAZO: Golnya sangat dinantikan Cile. PHOTO: AFP-GETTY IMAGES

Pada laga ini, Cile harus kehilangan bek kiri Jean Beausejour akibat kartu merah pada laga terakhir melawan Peru di Grup C. Sedangkan gelandang Matias Fernandez juga dirundung cedera dan kemungkinan tidak diturunkan sebagai starter. Borghi berencana memasukkan Carlos Carmona ke posisi centre midfield dan mengoper Arturo Vidal dari posisi bek kanan ke kiri untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Beausejour.

Di sisi lain, Venezuela tampaknya tidak akan beranjak dari skuad yang dipasang saat menahan Brasil dan Paraguay di Grup B. Pelatih Cesar Farias mengatakan perlu memantapkan formasi yang ada saat ini agar kompak betul menyongsong Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Selebihnya tidak ada masalah. Lini depan Borghi masih memercayakan kepada Alexis Sanchez dan Humberto Suazo meskipun nama terakhir ini masih kering gol pada Copa America kali ini.

Perkiraan Pemain

CILE: 1-Claudio Bravo; 5-Pablo Contreras, 3-Waldo Ponce, 18-Gonzalo Jara; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 6-Carlos Carmona, 8-Arturo Vidal; 11-Luis Jimenez, 7-Alexis Sanchez, 9-Humberto Suazo. Pelatih: Claudio Borghi

VENEZUELA: 1-Renny Vega; 16-Roberto Rosales, 4-Oswaldo Vizcarrondo, 20-Grennddy Perozo, 6-Gabriel Cichero; 14-Franklin Lucena, 11-Cesar Eduardo Gonzalez, 8-Tomas Rincon; 18-Juan Arango, 7-Miku, 23-Salomon Rondon. Pelatih: Cesar Farias