SAUDARA SEBANGSA: Suporter Cile berkumpul di pintu gerbang Stadion Camp Nou, Barcelona, menyambut bergabungnya Alexis Sanchez ke klub Catalan itu, Senin (25/7). PHOTO: AFP-GETTY-JOSEP LAGO

IA masih muda usia, 22 tahun, namun tekadnya sekeras baja. Pesepak bola bernama Alexis Sanchez ini telah cukup lama meninggalkan negaranya, Cile, untuk menggali nafkah hidup dari bermain bola bersama klub Udinese di Italia.

Tetapi, terhitung sejak Senin (25/7), Sanchez resmi berlabuh di Catalan menjadi milik klub raksasa Barcelona setelah dinyatakan lulus tes medis. Tidak hanya Presiden Barca Sandro Rosell yang menyambutnya, namun juga ribuan warga Cile yang berada di Kota Barcelona dan sekitarnya. Mereka berkumpul di depan pintu gerbang Stadion Camp Nou sembari membentang bendera kebangsaannya.

MENYAPA FANS: Alexis Sanchez dan Presiden Barca Sandro Rosell (kiri) menyapa fans setelah penandatanganan kontrak, Senin (25/7). PHOTO: AP-MANU FERNANDEZ

Barcelona merekrut Sanchez dengan banderol 26 juta pound untuk durasi lima tahun ke depan. Selain nilai kontrak ini, Sanchez juga akan kebagian sejumlah bonus bernilai total hingga 11,5 juta pound. Terbilang cukup mahal untuk pemain muda seperti dia, apalagi kini Barca juga tengah berkonsentrasi menggelontorkan dana guna memboyong Cesc Fabregas dari Arsenal sebelum transfer musim panas saat ini berakhir.

Apa yang bisa diberikan Sanchez di tengah skuad Barca yang bertabur bintang? Tidak muluk. Katanya, ia datang ke Barcelona untuk belajar dari ‘’mereka yang terbaik.’’ Ia mengakui bakal sulit bisa langsung masuk starting lineup pada musim pertamanya di Camp Nou.

‘’Namun, kami semua harus belajar dari Leo (Messi) dan Xavi (Hernandez),” tuturnya seperti dilaporkan oleh The Associated Press.

Belajar menjadi tujuan utama selain, tentu saja, tekad Sanchez membantu Barca menggapai gelar demi gelar sebagaimana yang telah dilakukan klub Catalan ini.