JAMINAN PASTI: Timnas Malaysia berambisi membalas kekalahan pada leg pertama saat menjamu tetangganya, Singapura, di Stadion Bukit Jalil, Kamis (28/7). Pertandingan Malaysia vs Singapura ini memastikan satu tempat tim dari Asia Tenggara ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014. IMAGE: ARUSAR.US

SEPAK BOLA begitu bergairah di Asia Tenggara, tidak terkecuali di Indonesia. Klub-klub papan atas dunia, dari tahun ke tahun, semakin melirik belahan Benua Asia itu untuk lokasi uji coba maupun pemantapan pramusim. Namun, prestasi Asia Tenggara dua tahun belakangan semakin redup.

Setelah Jakarta bersama Thailand dan Vietnam pada 2007 sukses menggelar Piala Asia, tidak satu pun wakil Asia Tenggara unjuk kebolehan pada putaran final Piala Asia 2011 Qatar yang melahirkan Jepang sebagai juara. Ke putaran final Piala Dunia 2014 Brasil? Rasanya juga masih berat meskipun ‘’keajaiban’’ kadang bisa saja terjadi di lapangan sepak bola.

Selama ini tiket ke Piala Dunia dari Asia selalu dimiliki negara-negara dari Asia Barat dan Asia Timur, plus Australia yang resmi bergabung di kualifikasi Zona Asia (AFC) selepas Piala Asia empat tahun lalu. Bergabungnya Australia semakin mempersengit persaingan, namun belakangan dirasakan pula dampak positifnya berupa peningkatan performa tim-tim Asia di putaran final Piala Dunia seperti ditunjukkan Australia sendiri plus Korea Selatan dan Jepang di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Kali terakhir Asia Tenggara melaju ke putaran final Piala Dunia terjadi sangat lama, tepatnya di Piala Dunia 1938 Prancis, oleh Indonesia masa kolonialisme yang masih bernama Dutch East Indies. Para pemainnya pun campuran dengan orang-orang Belanda dengan terselubung misi politik kamuflase ‘’kemajuan negeri jajahan’’. Untuk sampai ke final juga tidak melalui kualifikasi berlapis-lapis seperti saat ini.

Jalan ke putaran final Piala Dunia bagi negara-negara Asia Tenggara masih sangat panjang. Saat ini kualifikasi baru memasuki putaran kedua dan tidak semua negara Asia Tenggara punya kans besar lolos ke putaran ketiga. Namun, satu tempat ke putaran ketiga itu sudah pasti digenggam Asia Tenggara ketika hasil undian menempatkan Singapura dan Malaysia berhadapan. Pada first leg 23 Juli lalu, di kandang sendiri Singapura menekuk rival tetangga itu 5-3. Pada 28 Juli, giliran Malaysia menjamu Singapura di second leg.

Harapan lolos ke putaran ketiga juga dimiliki Indonesia setelah mampu menahan tuan rumah Turkmenistan 1-1 pada leg pertama. Jika Indonesia bisa menahan seri tanpa gol atau menang saat menjamu Turkmenistan di Jakarta, 28 Juli, Merah Putih pun lolos. Thailand juga lolos seandainya mampu mempertahankan keunggulan 1-0 di leg pertama saat tandang ke Palestina.

Myanmar harus berjuang ekstrakeras membalik defisit dua gol ketika menjamu Oman pada 28 Juli ini. Pada hari yang sama, misi berat juga ada di pundak tuan rumah Vietnam saat harus membayar utang tiga gol atas tamunya, Qatar. Begitu pula yang dialami Filipina saat menjamu Kuwait.

Format yang berlaku berikutnya, 15 tim pemenang dari hasil agregat laga-laga pada putaran kedua ini lolos ke putaran ketiga. Pada putaran ketiga ini lima raksasa Asia –Jepang, Australia, Bahrain, Korea Selatan, dan Korea Utara— baru ikut kualifikasi. Dengan demikian, didapati 15 tim dari putaran kedua plus lima raksasa tadi. Jumlahnya menjadi 20 tim. Mereka lantas dibagi menjadi lima grup dengan masing-masing grup terdiri atas empat tim.

Juara dan runners-up masing-masing grup pada klasemen akhir lolos ke putaran keempat. Selesai? Belum. Sebanyak 10 grup di putaran keempat itu kemudian dibagi lagi menjadi dua grup. Juara dan runners-up masing-masing grup dari putaran keempat inilah yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014 Brasil, lantas penghuni peringkat ketiga masing-masing grup menjalani playoff  kandang dan tandang. Pemenangnya menghadapi wakil zona lain dalam playoffi  kandang dan tandang untuk satu tiket lagi ke putaran final Piala Dunia tersebut.

JADWAL KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2014 ZONA ASIA – PUTARAN KEDUA, SECOND LEG (HASIL FIRST LEG)

Kamis, 28 Juli 2011

Indonesia vs Turkmenistan (1-1)

Malaysia vs Singapura (3-5)

Filipina vs Kuwait (0-3)

Myanmar vs Oman (0-2)

Vietnam vs Qatar (0-3)

Laos vs China (2-7)

Nepal vs Yordania (0-9)

Kyrgystan vs Uzbekistan (0-4)

Tajikistan vs Suriah (1-2)

Bangladesh vs Lebanon (0-4)

Hong Kong vs Arab Saudi (0-4)

India vs Uni Emirat Arab (0-3)

Palestina vs Thailand (0-1)

Maladewa vs Iran (0-4)

Yaman vs Irak (0-2)