GOL RIDWAN: Selebrasi M. Ridwan (dua dari kanan) setelah membobol gawang Turkmenistan pada second leg Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (28/7) malam. Indonesia lolos ke Putaran Ketiga setelah mengalahkan Turkmenistan dengan agregat 5-4. PHOTO: AFP-GETTY-ADEK BERRY

TIGA timnas papan atas Asia Tenggara (ASEAN) lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014. Mereka adalah Thailand (peringkat ke-119 pada ranking terbaru FIFA), Singapura (131), serta Indonesia (137) setelah menahan imbang dan mengalahkan lawan-lawannya pada pertandingan leg kedua Putaran Kedua, Kamis (18/7).

Namun, dari total 15 pertandingan yang memastikan lolosnya 15 tim Asia pada leg kedua Putaran Kedua, Indonesia menjadi satu-satunya tuan rumah yang mampu mengukir hasil sempurna: menang 4-3 sekaligus lolos berbekal seri 1-1 pada leg pertama (23/7) di Ashgabat, kandang Turkmenistan. Suporter Indonesia sempat lega kala hingga 70 menit Merah Putih unggul telak 3-0 lewat dua gol Cristian Gonzalez (10’ dan 18’) serta M. Nasuha (42’).

Tetapi Nasuha melakukan gol bunuh diri saat kurang sempurna menghalau sepak pojok pada menit ke-71. Lima menit kemudian M. Ridwan menambah gol Indonesia menjadi 4-1. Tiga menit berikutnya, Bahtiyar Hojaahmedov dari Turkmenistan mendapatkan kartu kuning keduanya pada pertandingan ini sehingga harus meninggalkan lapangan.

Bayangan menang besar pun di pelupuk mata para pemain Indonesia dan pendukungnya, apalagi lawan tinggal 10 orang.  Namun, dalam sekejap rasa sangat lega itu  berganti menjadi perasaan waswas. Para pemain Indonesia, khususnya lini belakang, mulai hilang konsentrasi. Dua pergantian pada menit ke-75, Kapten Firman Utina oleh Toni Sucipto dan M. Ilham oleh Okto Maniani, mulai terasa dampaknya ketika para pemain Turkmenistan terus menggempur hingga menghasilkan gol oleh Berdy Shamuradov menit ke-83. Tiga menit kemudian, Gahryamanberdy Chonkaev kembali mempersempit ketinggalan Turkmenistan menjadi 4-3.

SUKSES THAILAND: Selebrasi para pemain Thailand di Ramallah, kandang Palestina, Kamis (28/7) malam waktu setempat. PHOTO: AP-NASSER SHIYOUKHI

Sedangkan Thailand yang menang di kandang 1-0 pada leg pertama tampil luar biasa mengejar dua kali ketertinggalan dari tuan rumah Palestina untuk memaksakan hasil akhir 2-2. Harapan Palestina –satu-satunya tim dari 208 anggota FIFA yang belum diakui sebagai entitas negara— sempat muncul saat Murad Eleyan membuka gol pada menit ke-3. Namun Datsakorn Thonglao menyamakannya pada menit ke-33. Eleyan kembali mencetak gol menit ke-90, tetapi lagi-lagi Datsakorn  membalasnya saat injury time.

TAK MANJUR: ''Teror'' sekitar 85 ribu suporter Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, tidak berhasil meruntuhkan mental para pemain Singapura. PHOTO: AFP-GETTY-SAEED KHAN

Semangat tempur juga ditunjukkan Singapura yang melawat ke Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur melawan Juara Piala AFF 2010 Malaysia. Berbekal kemenangan 5-3 di leg pertama, Singapura berhasil memaksakan hasil imbang 1-1 setelah Shi Jiayi pada menit ke-73 mengejar ketinggalan dari gol Malaysia yang dicetak Mohd Safee Sali menit ke-58.

Dari 15 tim Asia yang lolos ke Putaran Ketiga, tidak satu pun terdapat wakil Asia Selatan. Jika Asia Tenggara menempatkan Thailand, Singapura, dan Indonesia, sisanya masih didominasi wakil-wakil Asia Barat (Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Yordania, Lebanon, dan Uni Emirat Arab). Dari Asia Timur hanya diwakili China. Karena Turkmenistan mampu disisihkan Indonesia, Asia Tengah hanya menyisakan Uzbekistan yang lolos berkat kemenangan agregat 7-0 atas tim sewilayah Kyrgystan.

Di Putaran Ketiga, ke-15 tim yang lolos dari Putaran Kedua itu telah dinantikan lima raksasa: Juara Piala Asia 2011 Jepang, Korea Selatan, dan Korea Utara (Asia Timur); Bahrain (Asia Barat); dan Australia yang mendapatkan bye di Putaran Kedua berdasarkan pemeringkatan mereka di FIFA yang dikomparasikan dengan ranking tim-tim lain di Asia (Zona AFC) sebelum penyisihan digulirkan.

Prosedur-Format Putaran Ketiga dan Seterusnya

Di Putaran Ketiga, sebanyak 15 tim yang lolos dari Putaran Kedua plus 5 tim besar yang telah menanti itu lantas dibagi menjadi lima grup (A, B, C, D, E) dengan masing-masing grup berisi empat tim. Keempat tim saling bertemu (round robin) dalam laga kandang dan tandang (home and away) antara 2 September 2011 hingga 29 Februari 2012. Juara dan runners-up masing-masing grup lolos ke Putaran Keempat.

PHOTO: AFP/FILE

Pembagian grup untuk Kualifikasi Putaran Ketiga dijadwalkan berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 pada Sabtu (30/7) pukul 15.00 waktu setempat atau Minggu (31/7) WIB.Mekanisme undiannya dilakukan berdasarkan empat pot dengan masing-masing pot berisi lima tim. Lima tim Asia berperingkat teratas (Jepang, Korsel, Korut, Bahrain, dan Australia) ditempatkan dalam Pot 1. Lima tim terbaik berikutnya di Pot 2, dan seterusnya hingga Pot 4.

Lima tim di Pot 4 menempati urutan keempat pada masing-masing grup hasil undian. Begitu pula dengan lima tim di Pot 3 yang menempati posisi 3, Pot 2 menempati posisi 2, serta Pot 1 di posisi pertama masing-masing dari lima grup yang dibentuk. Undian dimulai dengan mengambil tim dari Pot 4, lalu 3, 2, dan 1 yang terakhir. Sedangkan pengisian tim kontestan dimulai dari Grup A, B, C, D, dan E.

Dari format Putaran Ketiga akan didapatkan 10 tim untuk berlaga di Putaran Keempat. Sebanyak 10 tim itu kemudian dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing grup berisi 5 tim yang saling berhadapan dalam format round robin kandang dan tandang (home and away) pada 3 Juni 2012 hingga 18 Juni 2013. Undian, tanggal, serta prosedur lain untuk Putaran Keempat ini akan ditentukan Organising Committee Piala Dunia 2014 Brasil pada akhir Putaran Ketiga.

Juara dan runners-up masing-masing grup lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Sedangkan dua peringkat ketiga dari kedua grup di Putaran Keempat melaju ke Putaran Kelima atau playoff internal Zona Asia. Keduanya dihadapkan pada laga kandang dan tandang pada 6-10 September 2013. Tim mana yang lebih dulu menjalani laga kandang dan ketentuan lain akan diumumkan pada akhir Putaran Keempat.

Putaran Kelima (Playoff) tersebut dilakukan untuk memenuhi kuota 4,5 tim bagi Zona Asia ke putaran final Piala Dunia 2014. Pemenangnya akan berhadapan dengan wakil dari zona lain (non-Asia atau non-AFC) yang akan ditentukan saat undian di Rio de Janeiro, 30 Juli ini.

Untuk Piala Dunia 2014, Asia mendapatkan kuota 4,5 tim; Oceania 0,5 tim; Amerika Utara, Tengah, dan Karibia 3,5 tim; Amerika Latin 4,5 tim (tidak termasuk Brasil yang otomatis lolos tanpa kualifikasi karena statusnya sebagai tuan rumah); Afrika 5 tim; dan Eropa 13 tim.