ROAD TO BRAZIL 2014: Suasana pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Marina Da Gloria, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (31/7) dini hari WIB. PHOTO: GETTY IMAGES-MICHAEL REGAN

TIDAK mudah, tetapi juga tidak kelewat berat. Hadapi dengan optimistis. Hasil urusan belakangan. Setidaknya ini yang harus diterima timnas Indonesia setelah hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (31/7) dini hari WIB menempatkan Merah Putih di Grup E bersama Iran, Qatar, dan Bahrain.

Sesuai seeding (unggulan) melalui mekanisme pengundian dari pot, saat ini Indonesia memang tim berperingkat terendah di Grup E tersebut. Bahkan, dibandingkan 19 kontestan lainnya yang lolos ke Putaran Ketiga Zona Asia ini, hanya Lebanon (peringkat ke-159 FIFA) yang berada di bawah Indonesia (peringkat 137). Sedangkan Iran di peringkat ke-54, Qatar ke-90, dan Bahrain di posisi 100.

Meski demikian, data itu tidak mutlak berlaku di lapangan nanti. Tidak jarang tim berperingkat lebih rendah mengalahkan yang berperingkat lebih tinggi. Iran memang salah satu raksasa Asia, namun belakangan performanya menurun. Setidaknya ini bila mengacu ke hasil kejuaraan resmi paling akhir Piala Asia 2011 di Qatar, Januari lalu. Begitu pula dengan Bahrain dan Qatar. Pada penyisihan grup di putaran final Piala Asia 2007 di Jakarta, toh tuan rumah Indonesia mampu mengalahkan Bahrain.

Pendek kata, pada perhelatan Piala Dunia 2010 dan Piala Asia 2011, justru yang mendominasi adalah negara-negara dari Asia Timur, Australia sebagai pendatang terbaru di Zona AFC, serta Uzbekistan sebagai kekuatan utama dari Asia Tengah. Di putaran final Piala Asia 2011, posisi empat besar toh ditempati oleh Jepang, Australia, Korea Selatan, dan Uzbekistan.

Di putaran Piala Dunia 2010 Afsel, tidak satu pun kontestan dari Asia Barat lolos. Jatah Asia diraih tiga negara Asia Timur (Jepang, Korsel, Korut) dan Australia.

AYO, INDONESIA!: Saat layar raksasa memampang nama Indonesia berada di Grup E pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 dalam pengundian di Rio de Janeiro, Minggu (31/7) dini hari WIB. PHOTO:AP-SILVIO IZQUIERDO

Hasil drawing ini juga bisa dikatakan memberikan Indonesia posisi yang lebih mendingan dibandingkan dua kompatriotnya dari Asia Tenggara: Thailand dan Singapura. Thailand (peringkat 119 FIFA) berada di Grup D bersama Australia (23), Arab Saudi (92), dan Oman (107). Sedangkan Singapura (131) bersama dengan China (73), Yordania (91), dan Irak (108) di Grup A.

Di Grup B terdapat Korea Selatan (28), Kuwait (95), Uni Emirat Arab (109), dan Lebanon (159). Di Grup C terdapat Jepang (16), penghuni peringkat tertinggi di antara negara-negara Asia, kemudian Uzbekistan (83), Suriah (104), dan Korea Utara (115).

Format yang berlaku pada Putaran Ketiga Zona Asia ini, empat tim pada masing-masing grup saling bertemu (round robin) dalam laga kandang dan tandang (home and away) antara 2 September 2011 hingga 29 Februari 2012. Juara dan runners-up masing-masing grup lolos ke Putaran Keempat.

Di Putaran Keempat, 10 tim yang didapatkan dari Putaran Ketiga tersebut lantas dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing grup berisi 5 tim. Mereka juga bertemu dalam format round robin kandang dan tandang pada 3 Juni 2012 hingga 18 Juni 2013 (drawing, hari dan tanggal pertandingan, serta prosedur lain untuk Putaran Keempat ditentukan Organising Committee Piala Dunia 2014 Brasil pada akhir Putaran Ketiga).

Kemudian, juara dan runners-up masing-masing grup lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Sedangkan dua peringkat ketiga dari kedua grup di Putaran Keempat melaju ke Putaran Kelima atau playoff internal Zona Asia. Keduanya dihadapkan pada laga kandang dan tandang pada 6-10 September 2013. Tim mana yang lebih dulu menjalani laga kandang dan ketentuan lain akan diumumkan pada akhir Putaran Keempat.

Putaran Kelima (Play-offs) tersebut dilakukan untuk memenuhi kuota 4,5 tim bagi Zona Asia ke putaran final Piala Dunia 2014. Pemenangnya akan berhadapan dengan wakil dari zona lain (non-Asia atau non-AFC). Hasil undian di Rio de Janeiro memastikan lawan play-offs Zona Asia adalah tim peringkat kelima klasemen akhir Kualifikasi Zona Amerika Latin (CONMEBOL) dengan sistem tandang dan kandang. Penyisihan di Zona Amerika Latin memberlakukan sistem kompetisi penuh satu grup berisi 9 tim yang saling berhadapan kandang dan tandang. Tentu saja tanpa Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014.

Untuk berlaga di putaran final Piala Dunia 2014, Asia mendapatkan kuota 4,5 tim; Oceania 0,5 tim; Amerika Utara, Tengah, dan Karibia 3,5 tim; Amerika Latin 4,5 tim (tidak termasuk Brasil yang otomatis lolos tanpa kualifikasi karena statusnya sebagai tuan rumah); Afrika 5 tim; dan Eropa 13 tim.

HASIL DRAWING KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2014

ZONA ASIA

(PUTARAN KETIGA)
GRUP A: China, Yordania, Irak, Singapura
GRUP B: Korea Selatan, Kuwait, Uni Emirat Arab, Lebanon
GRUP C: Jepang, Uzbekistan, Suriah, Korea Utara
GRUP D: Australia, Arab Saudi, Oman, Thailand
GRUP E: Iran, Qatar, Bahrain, Indonesia

ZONA AMERIKA UTARA, TENGAH, DAN KARIBIA

(PUTARAN KEDUA)
GRUP A: El Salvador, Suriname, Kep Cayman Islands, Rep Dominika
GRUP B: Trinidad dan Tobago, Guyana, Barbados, Bermuda
GRUP C: Panama, Dominika, Nikaragua, Bahama
GRUP D: Kanada, St. Kitts dan Nevis, Puerto Riko, St Lucia
GRUP E: Grenada, Guatemala, St Vincent dan Grenadines, Belize
GRUP F: Haiti, Antigua dan Barbuda, Curacao, US Virgin Islands

(PUTARAN KETIGA)
GRUP A: Amerika Serikat, Jamaika, Pemenang Putaran II Grup E, Pemenang Putaran II Grup F
GRUP B: Meksiko, Kosta Rika, Pemenang Putaran II Grup A, Pemenang Putaran II Grup B
GRUP C: Honduras, Kuba, Pemenang Putaran II Grup D, Pemenang Putaran II Grup C

ZONA OCEANIA

GRUP A: Vanuatu, Kaledonia Baru, American Samoa / Cook Islands / Samoa atau Tonga, Tahiti
GRUP B: Fiji, Selandia Baru, Kep Solomon, Papua Nugini

PLAY-OFFS ANTARBENUA (INTERCONTINENTAL PLAY-OFFS)

Asia vs Amerika Latin
Amerika Utara, Tengah, dan Karibia vs Oceania

ZONA AFRIKA

GRUP A: Afrika Selatan, Botswana, Rep Afrika Tengah, Somalia / Ethiopia
GRUP B: Tunisia, Kep. Cape Verde, Sierra Leone, Guinea Ekuatorial / Madagaskar
GRUP C: Pantai Gading, Maroko, Gambia, Chad / Tanzania
GRUP D: Ghana, Zambia, Sudan, Lesotho / Burundi
GRUP E: Burkina Faso, Gabon, Niger, Sao Tome e Principe / Kongo
GRUP F: Nigeria, Malawi, Seychelles / Kenya, Djibouti / Namibia
GRUP G: Mesir, Guinea, Zimbabwe, Komoro / Mozambik
GRUP H: Aljazair, Mali, Benin, Eritrea / Rwanda
GRUP I: Kamerun, Libya, Guinea-Bissau / Togo, Swaziland / RD Kongo
GRUP J: Senegal, Uganda, Angola, Mauritius / Liberia

ZONA EROPA

GRUP A: Kroasia, Serbia, Belgia, Skotlandia, Macedonia, Wales
GRUP B: Italia, Denmark, Rep Chek, Bulgaria, Armenia, Malta
GRUP C: Jerman, Swedia, Rep Irlandia, Austria, Kep Faroe, Kazakhstan
GRUP D: Belanda, Turki, Hungaria, Romania, Estonia, Andorra
GRUP E: Norwegia, Slovenia, Swiss, Albania, Siprus, Islandia
GRUP F: Portugal, Rusia, Israel, Irlandia Utara, Azerbaijan, Luksemburg
GRUP G: Yunani, Slovakia, Bosnia-Herzegovina, Lithuania, Latvia, Lichtenstein
GRUP H: Inggris, Montenegro, Ukraina, Polandia, Moldova, San Marino
GRUP I: Spanyol, Prancis, Belarusia, Georgia, Finlandia