Jose Antonio Camacho dalam konferensi pers di Beijing, Minggu (14/8), setelah resmi dinyatakan Asosiasi Sepak Bola China (CFA) sebagai pelatih timnas Negeri Tirai Bambu. PHOTO: AFP-GETTY-FRANKO LEE

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia dan China merupakan negara penting di dunia.

MANTAN Pelatih Real Madrid dan timnas Spanyol Jose Antonio Camacho mengatakannya, Minggu (14/8), saat resmi dinobatkan sebagai pelatih baru timnas sepak bola Negeri Tirai Bambu. Camacho meneken kontrak tiga tahun untuk menukangi timnas China menggantikan Gao Hongbo.

Dengan durasi kontrak tersebut, berarti Camacho memanggul beban berat meloloskan China ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. China dikenal sebagai salah satu raksasa olahraga dunia, namun pada cabang sepak bola negara berpenduduk terbesar di planet bumi ini hanya sekali lolos ke putaran final. Tepatnya pada Piala Dunia 2002 saat kali pertama diselenggarakan di Benua Asia, yakni di Korea-Jepang.

Pada Piala Dunia 2002 saat ditukangi Bora Milutinovic, China selalu kalah pada tiga laga fase grup dan sama sekali tidak mencetak gol. Padahal ketika itu tuan rumah Jepang melaju hingga babak 16 besar, sedangkan tuan rumah lainnya, Korsel, yang dipoles Guus Hiddink melenggang sampai semifinal.

Pada Piala Asia 2011 di Qatar, Januari lalu, China gagal melaju dari fase Grup A karena kalah bersaing dengan Uzbekistan dan tuan rumah Qatar. Oleh karena itu, seperti dilansir kantor berita Xinhua, Camacho mengakui beban yang dipikulnya untuk meloloskan China ke Brasil merupakan tantangan berat dan penuh tekanan.

‘’Tim nasional milik negara ini dan rakyatnya. Maka, saya berharap tim nasional ini didukung penuh seluruh rakyat China dan media,’’ tuturnya.

Tantangan resmi perdana Camacho adalah pada 2 September mendatang saat China menjamu Singapura pada Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia di Kunming. Di grup itu juga terdapat Irak dan Yordania.

Dengan posisinya saat ini di peringkat ke-73 FIFA, China merupakan unggulan di grup itu, disusul Yordania (91), Irak (108), dan Singapura (131). Laga perdana timnas China diprediksi tidak banyak memberikan masalah untuk Camacho. China diprediksi menang mengingat Singapura bakal menghadapi masalah fisik serius jika tidak cukup melakukan aklimatisasi di wilayah ketinggian seperti Kunming.