Tak ada yang istimewa. Menjalani hidup di bumi ini sejak dilahirkan menjelang matahari terbenam di sebuah desa dekat pesisir di ujung timur laut wilayah Lamongan, Jawa Timur, menghabiskan sepenuhnya masa kecil dengan sekolah mulai dari TK, pagi di SD dan siang hingga sore di Madrasah Ibtidaiyah, malam diisi belajar dan mengaji di mushalla. SMP serta SMA plus belajar di pesantren dihabiskan di Lamongan, menamatkan S-1 dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa & Seni IKIP Surabaya pada 1994. Semasa mahasiswa, selain aktif di organisasi kemahasiswaan, dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (SM FPBS) hingga Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT),  juga aktif di pers kampus serta mulai menulis di media massa umum.

Lepas dari kampus menjadi wartawan Harian Jawa Pos Surabaya (Juni 1995-Mei 2005), Seputar Indonesia Jakarta  (Juni 2005-Maret 2007), serta Jurnal Nasional Jakarta (April 2007-Juni 2008). Sempat memilih jalan sebagai penulis,  freelance editor, serta konsultan lepas penerbitan/media, per Juni 2013 kembali menekuni rutinitas media di HARIAN NASIONAL Jakarta.  Selama menjadi wartawan lebih banyak berkutat dengan berita-berita internasional, olahraga, nasional, serta feature.

Blog ini merupakan kanal lain untuk tetap menggelorakan spirit menulisnya, dengan selalu berusaha melihat celah maupun sisi unik (angle). Selebihnya dan detailnya (apabila memang diperlukan), bisa kontak ke caksollah@yahoo.com atau sol.mawi@gmail.com